Sedikitnya 26 Unit Bedah Rumah Kab. Solok Siap Sampai Desember

Arosuka, merapinews.

Kepala Dinas Tataruang dan Pemungkiman (Tarkim) Kab. Solok, Deni Prihatni memastikan 20 unit bedah rumah di Kab. Solok melalui dana APBD kabupaten diyakini selesai sampai Desember 2019.

Ia menyatakan hal itu menjawab pertanyaan terkait adanya peningkatan bantuan enam unit lagi melalui dana perubahan APBD 2019.

“Yaaa, totalnya 26 unit rumah bantuan untuk masyarakat kurang mampu tersebut”, katanya.

Pada bagian lain ia juga menyatakan, tidak hanya melalui dana APBD Kab. Solok itu saja bantuan diberikan, juga pemerintah pusat melalui dana APBN mengelontorkan bantuan untuk 800 unit katanya.

Kendati tujuan bantuan itu sama, yaitu sama-sama meningkatkan kesejahteraan masyarakat, namun yang membedakan penerima bantuan melalui APBD, tidak termasuk biaya yang dikeluarkan untuk tukang.

Deni, mencontohkan, bantuan melalui APBD hanya Rp. 15 juta per unit rumah untuk pengadaan material bangunan. Sementara biaya pembangunan kita berharap dari partisipasia masyarakat.

Sementara bantuan dari APBN total Rp. 17,5 juta per unit rumah, dengan rincian Ep. 2,5 juta biaya tukang, sedangkan pengadaan material nilainya sama-sama Ro. 15 juta, katanya.

Untuk itu kita berharap bagi para penerima manfaat bantuan bedah rumah bagi masyarakat kurang mampu di Kab. solok agar dapat memanfaatkanya dengan baik, karena bantuan tersebut hanya diberikan satu kali, ujar Dani. (asroel bb)

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*