Polres Payakumbuh Kota Terjunkan 475 Personil Amankan Tour De Singkarak Ke-XI

Py. Kumbuh, Merapinews.

Ivent internasional Tour De Singkarak yang akan berlangsung 2 sampai 10 November 2019 di Sumatera Barat, akan dikuti tidak kurang 102 orang pembalap dari 20 tim yang berasal dari 26 negara dengan menempuh jarak 1.362 Kilometer, sedangkan untuk etape 3 dan 4 akan star dan melintas di Kab. Lapuluhkota dan kota Payakumbuh.

Kapolres Payakumbuh Kompol Deny Setiawan SIK MH mengungkapkan hal itu, dalam apel siaga pengamanan Tor De Singkarak ke- XI dihalaman Mako Polres Payakumbuh jalan Pahlawan Jumat 1/11.

Hadir dalam apel siaga tersebut, selain terlihat Bupati Kabupaten Limapuluahkota Irpendy Arbi, juga ada unsur Forum Komunikasi Pimpinan Daerah (Forkopimda) dan undangan lain.

Dalam amanat Kapolres yang dibacakan Sekretaris Daerah (Sekda) Payakumbuah Drs. Rida Ananda M.Si, ia mengatakan akan mengamankan etape III dan etape V, pada tanggal 4 dan 6 November. Khusus untuk etape III, kata Kapolres dengan route star Air Terjun Aka Barayun, terus ke gerbang luar Harau menuju Kelok Sembilan dan putar balik kekomplek kantor Bupati. Kemudian menuju Batu Balang-Taram-Andaleh langsung belok kiri arah ke Lintau.

Kemudian, katanya belok kanan ke arah Padang Mangateh, Denzipur, Simpang Tanjuang Kaliang-Batang Tabik, batas kota, Simpang Padang Alai, Simpang Bukik Sitabuah, Pakan Salasa, Simpang SKS Lama, Simpang Labuah Silang, Simpang Peternakan, Limbukan, Simpang Ngalau, Batas Kota, Piladang, Akabiluru dan Agam.

Sementara untuk etape V, dengan star Ngalau Indah, jalan Diponegoro, Tan Malaka dan berakir di Akabiluru menuju Agam dan Bukittinggi.

Pada bagian lain amanatnya. Kapolres mengatakan apel siaga yang dilaksanakan pada Jumat 1/11, dihalaman Mako Polres Payakumbuh untuk melihat sejauh mana kesiapan 475 personil yang terdiri dari instansi terkait, seperti Kepolisian, TNI, Satpol PP dan Dinas Perhubungan dua wilayah administrasi Kab. LimapuluahKita dan Kota Payakumbuh mengamankan ivent yang sudah menjadi kalender Pariwisata Sumbar, khususnya Kota Payakumbuh dan Kab. Limapuluahkota, ujarnya.

Sementara itu ditempat terpisah Kabag Ops Polresta Payakumbuh Kompol Basrial, mengungkapkan, secara umum persiapan TDS di dua wilayah administrasi Payakumnuh dan Kab. Limapuluahkota sudah matang, namun ada beberapa titik jalan yang dilalui para pembalap itu yang harus segera diperbaiki, ia mencontohkan jalan Simpang Zipur Kec. Luhak.

Menurutnya, masih ada waktu untuk membenahi jalan itu sebelum hari “H”, pelaksanaan TDS, katanya.

Menjawab pertanyaan, ia tidak mau berhandai, kalau perlu hari ini juga tiga titik jalan yang akan dilalui para pembalap internasional diperbaiki, katanya menegaskan. (asroelbb)

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*