Direktorat Perhubungan Darat, Terminal Aur Kuning Bukittinggi Pastikan Bus Antar Kota Antar Provinsi Dalam Layak Jalan

Bk.Tinggi, merapinews.com

Direktorat Jendral Perhubungan Darat (Dirjenperhubdar) Balai Pengelolaan Tranformasi Wilayah III Sumatera Barat, pastikan setiap kendaraan umum antar Provinsi harus layak jalan.

Kepala Terminal Tipe A, kota Bukittinggi melalui Kepala Seksi (Kasi) Pejabat Penyidik Negri Sipil (PPNS) Ediwarman mengungkapkan hal itu menjawab pertanyaan terkait dengan keselamatan penumpang dalam perjalanan jauh dengan bus angkutan umum.

Menurutnya, setiap kendaraan yang akan menempuh perjalanan jauh, selain harus masuk terminal. Juga selama menunggu jadwal pemberangkatan harus dilakukan pengecekan kelayakan kendaraan, diantaranya surat-surat kendaraan seperti buku keur, kemudian bukti karcis yang dimiliki penumpang. Demikian juga halnya dengan kondisi kendaraan itu sendiri.

Tindakan itu kami lakukan sesuai dengan SOP dari Kementrian. Demikian juga hasil pengecekan setiap unit kendaraan, juga kami laporkan ke Kementrian melalui Kepala Balai Wilayah III Direktorat Perhubungan Darat Sumbar, ujar Ediwan.

Setidaknya ada 20 unit angkutan umum antar Provinsi setiap hari yang masuk terminal, timpal staf Direktorat Perhubungan Darat Terminal Simpang Aur Kuning Bukittinggi Masrizal. Setiap kendaraan itu tidak luput dari perhatian, ini kami lakukan, tidak lain untuk keselamatan para penumpang, ujarnya, sambil melirik atasanya yang sedang melakukan pengecekan sebuah bus antar provinsi.

Nada yang sama juga diungkapkan Kepala Perwakilan Bus Sempati yang juga melayani trayek antar provinsi Syafruddin. Menurutnya, pengecekan kelayakan jalan bus sangat mutlak dilakukan, hal itu tidak lain untuk keselamatan penumpang itu sendiri, termasuk kami sebagai perwakilan, sehingga kami tidak ragu melepas kenderaan menempuh perjalanan jauh itu. (asroel bb)

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*